NG-Oprexer | MakroStudio | KA-Cerdas | [ ... ]Grafis Dakwah Islam
Ideografi Al-Ghuroba
Maktabah Royatus-Suwd
| القرآن About Me: Kurniawan Abi Isma'il
بن شهريل بن سلطان خليفة
21 Rojab 1401H
My Talent:
Survival on الله's path
My Mission:
Mari kita pulang ke Jannah dengan selamat.

Thursday, May 4, 2023

Linked By Energy

Bismillah

Dari banyak hal yang telah dipelajari dan diteliti oleh manusia, apa yang tak diketahui amat jauh lebih banyak dari yang diketahui. Bahkan untuk warna, manusia tak dapat tahu seperti apakah warna di bawah spektrum merah dan di atas spektrum violet. Maka sungguh arogan jika mengatakan makhluq الله selain manusia seperti malaikat dan jin itu tak ada, apalagi jika mengatakan الله tak ada. Ingatlah selalu bahwa: الله adalah pemilik jagad raya seluruhnya, termasuk bumi yang menjadi tempat tinggal manusia sekarang. Jika الله murka, jangankan sepetak tanah di muka bumi yang bergeser, bahkan jika الله berkehendak atsmosfir bumi dipecahkan... pasti terjadi.

Ada saling keterkaitan antara satu individu dengan yang lainnya. Bahkan banyak kaitan dan tautannya dalam bentuk hal yang tak terlihat. Contoh paling sederhana: Seorang Boss yang memarahi Staf Keuangannya akan membuat suasana hati si Staf Keuangan menjadi tak baik. Dan suasana itu dapat mempengaruhi angka-angka yang diproses oleh si Staf Keuangan, karena konsentrasi dipengaruhi oleh mental. Ketika ada ketidak-seimbangan (keberpihakan suasana hati) pada angka-angka yang dimasukkan dalam posnya masing-masing, pastilah mempengaruhi kinerja orang-orang yang butuh anggaran dari si Staf Keuangan. Lalu selanjutnya akan berefek pada produktifitas dan kualitas kerja, karena yang bekerja ini memiliki suasana hati juga. Sirkulasi ini akan berputar terus menjadi siklus, yang berdampak pada peningkatan atau keruntuhan usahanya si Boss. Energi suasana hati dapat menjadi sabab-musabab sukses/runtuh suatu usaha, suatu energi yang saling berkaitan.

Ingin beriman silahkan, ingin kafir pun silahkan. Manusia telah diserahkan hak untuk memilih, dan tanpa dipaksa. Juga telah diserahkan hak untuk memimpin di atas muka bumi ini serta mengelola seluruh sumber dayanya. Tetapi tiap pilihan dan kepemimpinannya bukanlah tanpa pertanggung-jawaban. Satu manusia dengan manusia lain memiliki keterkaitan, begitu juga memiliki keterkaitan dengan alam yang dikelolanya. Jangan dikira jika ada 1 orang hamba الله yang dizholimi, maka الله tak akan bereaksi membelanya. Jangan dikira jika alam dibuat rusak dan tak seimbang, maka الله tak akan merespon pelakunya. Jangan dikira jika ada orang mengutak-ngatik Dinulloh Islam (membuat bid'ah/inovasi) menjadi tak sesuai tujuan dari ajaranNya, lalu الله diam saja? Ada keterkaitan pada itu semua, saling bertautan, dan membentuk energi tak terlihat juga tak terasa kecuali oleh yang الله ijinkan untuk merasakannya.

وَإِن يَمْسَسْكَ اللَّـهُ بِضُرٍّ فَلَا كَاشِفَ لَهُ إِلَّا هُوَ

Jika الله menimpakan suatu mudhorat kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia. (QS. Al-An’am/6:17)

Tetapi telah menjadi ketetapan الله bahwa kasih-sayang الله mendahului murkaNya, itulah hukum yang Dia tuliskan sendiri. Bagi para pendosa yang ditangguhkan penghisabannya, janganlah merasa aman. Mungkin الله tak langsung menurunkan 'adzab di alam dunya karena bayi-bayi yang menangis, atau karena hamba-hamba الله yang memohon ampun, atau karena hewan-hewan yang butuh makan. Tetapi jika sudah tiba di alam akhirot, 'adzab itu akan berkali-kali lipat bagi para pendurhaka. Mohonlah ampunan selama masih berada di alam dunya ini.

إِنَّمَا نُمْلِى لَهُمْ لِيَزْدَادُوٓا۟ إِثْمًا ۚ وَلَهُمْ عَذَابٌ مُّهِينٌ

Sesungguhnya Kami tangguhkan ['adzab] kepada mereka hanyalah supaya bertambah-tambah dosa mereka, dan bagi mereka 'adzab yang menghinakan. (QS. Ali Imran/3:178).

Akan tetapi tak semua 'adzab ditangguhkan, ada yang memang telah الله taqdirkan terjadi di alam dunya. Seperti contohnya 'adzab yang telah berlalu pada ummat-ummat terdahulu. Atau seperti siklus Solar-Cycle, siklus 11 tahunan matahari yang memang telah menjadi ketetapan الله. Akan menjadi ujian besar bagi hamba-hambaNya yang beriman, dan makin mendekatkan mereka kepada الله. Tapi akan menjadi bencana besar bagi para pendusta الله, bahkan makin memperparah pendustaannya kepada الله. Bagi yang meyakini bahwa matahari adalah makhluq الله yang tunduk patuh kepada Robbnya, maka tak ada kerisauan akan bencana. Bagi yang meyakini bahwa bumi adalah makhluq الله yang tunduk patuh kepada Robbnya, maka tak ada kerisauan akan bencana. Tapi risaulah akan maksiat para pendurhaka, karena perbuatan mereka maka bencana global akan berdampak rata, mengenai semua pendosa dan juga orang sholeh.

Bersambung...

Kurniawan Ibn Sulthon Kholifah

Artikel ini adalah satu dari seri artikel-artikel yang aku tulis, berikut adalah serialnya:

Disaster ( https://ng-oprexer.blogspot.com/2023/05/disaster.html )
Human, A Universe ( https://ng-oprexer.blogspot.com/2023/05/human-universe.html )
Linked By Energy <--- You're reading this ( https://ng-oprexer.blogspot.com/2023/05/linked-by-energy.html )
Balancing Ecosystem ( https://ng-oprexer.blogspot.com/2023/05/balancing-ecosystem.html )
Destruction ( https://ng-oprexer.blogspot.com/2023/05/destruction.html )
Eternity ( https://ng-oprexer.blogspot.com/2023/05/eternity.html )

No comments:

Post a Comment