NG-Oprexer | MakroStudio | KA-Cerdas | [ ... ]Grafis Dakwah Islam
Ideografi Al-Ghuroba
Maktabah Royatus-Suwd
| القرآن About Me: Kurniawan Abi Isma'il
بن شهريل بن سلطان خليفة
21 Rojab 1401H
My Talent:
Survival on الله's path
My Mission:
Mari kita pulang ke Jannah dengan selamat.

Thursday, January 5, 2023

25 Tahun

Sudah sekitar 25 tahun, atau lebih, sejak pertama kali aku mulai belajar memprogram. Aku mengawalinya dengan BASICA (Beginner All-Purpose Syntax .... sudah lupa kepanjangannya), dengan belajar menulis string, input, sampai menggambar pixel. Lalu aku melompat ke Turbo Pascal 7.0, dan mulai mengendalikan device. Kemudian... lompat ke Asm, ... ya Assembler/Assembly, dan mulai berbicara dengan bahasa Microprocessor/Microcontroller.

Kemudian di tahun '99, aku mempelajari HTML 4.0, CSS, dan Javascript/VBScript. Lalu setelah lulus sekolah dan mulai mengenal Internet, maka semua mulai "Out of Control". Mulai dari membuat script IRC hingga Carding. Semua itu sebelum tahun 2000.

Waktu cepat berlalu..., dan kini di saat aku menulis tulisan ini, aku sudah menggabungkan Back Propagation Neural Network dengan Genetic Algorithm. Dua pintu Machine Learning menuju dunia AI, yang 6 tahun sebelumnya sudah mulai aku raba. Entah apalagi yang akan aku hadapi dan pelajari, tetapi satu yang pasti, bahwa aku pasti menghadapi kematian. Dan aku sudah lama merasakan rasa bosan ini, seakan perbedaan spektrum partikel sudah bukan hal yang "Wahhh" bagiku. Tiga, empat, lima, atau bahkan sepuluh dimensi materi, sudah seperti tumpukan Array, bahkan hal paradox pun mengalir bagai sesuatu yang linear. Mungkin inilah puncak kerinduaku kepada Robbku, atau aku bahkan akan merasakan yang lebih dahsyat dari ini?

... The Next, only الله know, while me... just such a simple old man, like this simple blog that i rewrite it. Soon i will be 42th, and leave this Dunya.

No comments:

Post a Comment