NG-Oprexer | MakroStudio | KA-Cerdas | [ ... ]Grafis Dakwah Islam
Ideografi Al-Ghuroba
Maktabah Royatus-Suwd
| القرآن About Me: Kurniawan Abi Isma'il
بن شهريل بن سلطان خليفة
21 Rojab 1401H
My Talent:
Survival on الله's path
My Mission:
Mari kita pulang ke Jannah dengan selamat.

Tuesday, January 17, 2023

Spektrum Gelombang

Okeh, masih lanjut mengenai gelombang. Sebelumnya, mengapa aku menulis blog ini? Bertema tentang ini pula? Alasannya adalah: Karena dari pintu Fisika aku berkenalan dengan Robbku lebih dekat. Dengan menguasai 4 jenis energi dasar (Gravitasi, Elektromagnetik, Nuklir kuat dan Nuklir lemah), membuatku sadar akan kedigjayaan الله yang tak akan mungkin terjangkau/terkalahkan oleh apapun. Yang akan selalu membuatku menangis ketika ingat bahwa api Jahannam itu berwarna hitam. Dan semua yang paham mengenai nuklir, tahu apa itu api hitam, sedangkan Rosululloh telah menyebutkannya pada 14 setengah abad yang lalu. Untuk memahami mengenai "Api Hitam", maka perlu dipelajari dulu apa itu Spektrum Gelombang.

Pada posting sebelumnya telah aku terangkan apa itu gelombang. Yang perlu diketahui, satuan gelombang adalah frekwensi Hertz, dan disertai dengan panjang gelombangnya. Hertz itu orang yang pertama kali mencetuskan satuan gelombang ini, maka digunakanlah namanya dengan disingkat Hz. Misalkan: 1Hz, berarti gelombang ini naik-turun selama 1 kali dalam 1 detik. 5Hz, berarti gelombang ini naik-turun selama 5 kali dalam 1 detik.

Bahasan pertama, mengenai spektum gelombang suara. Suara adalah getaran yang merambat di udara atau air atau materi lainnya, yang tertangkap oleh telinga manusia. Tipikalnya, telinga manusia menangkap gelombang suara antara frekwensi 20Hz hingga 20000Hz, walaupun banyak manusia yang memiliki rentang/range lebih sempit. Banyak gelombang yang tak terdengar oleh telinga manusia, seperti contohnya suara sonar kelelawar, suara sonar dolphin, dan juga suara gunung berapi yang hendak meletus. Itulah kenapa banyak hewan berlarian turun gunung ketika gunung akan meletus, karena gunung itu mengeluarkan suara pekik yang terdengar hewan tapi tak terdengar oleh telinga manusia.

Berikutnya gelombang warna, yang terbagi menjadi 2 yaitu warna cahaya (RGB) dan warna serapan cahaya (CMY). Warna cahaya adalah gelombang elektromagnetik (tidak membutuhkan materi untuk merambat) yang tertangkap mata dan dicerap oleh otak manusia. Mata manusia menangkap dan mencerap gelombang warna dengan rentang/range 400THz - 800THz (Tera Hertz), atau dengan panjang gelombang 390nm - 700nm. Lebih rendah dari warna merah (400THz/700nm) disebut dengan inframerah, tak dapat dicerap oleh mata manusia. Lebih tinggi dari warna violet (800THz/390nm) disebut ultraviolet, pun tak dapat dicerap oleh mata manusia. Warna cahaya adalah warna yang berasal dari sumber cahaya langsung, percampuran dari 3 warna primer (RGB). Sedangkan warna serapan cahaya adalah warna yang berasa dari serapan cahaya putih pada benda kemudian terpantul ke mata manusia, percampuran dari 3 warna primer (CMY).

Berikutnya, adalah gelombang kinerja otak manusia. Otak manusia ketika bekerja memancarkan gelombang pulsa dengan rentang/range frekwensi 1Hz - 160Hz, tergantung dari aktifitasnya. Gelombang otak manusia yang paling tinggi adalah gelombang gamma, dengan rentang 40Hz - 160Hz, yaitu memancar ketika manusia sedang memusatkan perhatian (fokus penuh), dan puncak frekwensinya dicapai ketika manusia sedang bermeditasi atau sholat dengan khusyu'. Seandainya gelombang ini merambat melalui materi maka akan sangat riuh suaranya. Tetapi gelombang ini berjenis elektromagnetik yang tidak mempengaruhi materi sekitarnya.

Amat banyak jenis-jenis gelombang, termasuk diantaranya adalah gelombang energi panas, contohnya adalah gelombang energi panas yang terpancar dari bintang, dengan urutan warna bintang: Merah, oranye, kuning, putih, cyan, biru, ungu, dan yang paling panas berwarna hitam. Panas bintang yang terendah berasal dari bintang-bintang berwarna merah, dengan panas di bawah 3000K. Matahari kita berwarna kuning, maka panasnya sekitar 6000K. Dan bintang-bintang berwarna putih memiliki panas diatas 30000K, biasanya berada di pusat galaxy. Sedangkan masih ada lagi yang panasnya diatas itu, hingga yang terpanas bintang-bintang yang berwarna hitam yang belum bisa diukur berapa panasnya. Mengenai api hitam ini telah dikhobarkan oleh Rosululloh, bahwa api Jahannam berwarna hitam, yang proses penaikan panasnya sampai hampir jutaan tahun. Khobar ini lebih dari 14 abad yang lalu, sebelum ada penelitian tentang gelombang panas dari bintang-bintang.

In sya الله akan aku lanjutkan lagi pembahasannya, bahkan mungkin sampai membahas mengenai nuklir dan "God Particle". Jika ada yang ingin mengenalku lebih baik lagi, atau ingin tahu apa saja pekerjaan dan karya-karyaku, atau sekedar hanya ingin mentraktir kopi dan mie instant, silahkan hubungi saja no WA ku, 081295023837. Aku sedang menulis beberapa buku/kitab, juga sedang membangun beberapa aplikasi, jika ada yang berminat bantu akan aku sambut dengan sangat baik.

No comments:

Post a Comment